BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 22 Oktober 2009

Usaha Bimbingan Belajar


Para orang tua menginginkan agar anaknya meraih prestasi yang tinggi. Mereka ingin memberikan masa depan yang lebih baik kepada anak anak mereka. Berbagai carapun dilakukan salah satunya dengan mengikuti bimbingan belajar. Usaha ini masih berkembang pesat khususnya di pulau Jawa.
Kiat untuk memulai usaha belajar mengajar ini, adalah
  1. Kita harus mengerti segmentasi pasar yang akan kita tuju. Misalnya usaha kita dikhususkan untuk siswa SD-SMP sehingga cara pengajaran disesuaikan dengan usia siswa.
  2. Usaha yang memiliki diferensasi dengan usaha yang sudah ada sebelumnya. Jika kita memulai usaha bimbingan belajar, tonjolkan keunikan yang dimiliki usaha anda, misalnya dengan menggunakan Teknologi, atau dengan interaktif bahasa asing, dsb
  3. Strategi yang baik dalam pemasaran usaha anda. Salah satu strategi dalam bimbingan belajar mengajar adalah dengan memberikan bimbingan belajar secara gratis sebagai uji coba pertama.
  4. Folow up yang rutin kepada calon konsumen--bisa menelpon orang tua siswa-- ataupun memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi.
Beberapa usaha bimbingan belajar yang berkembang menjadi waralaba : i-tutor, Primagama, English First.,dsb.

Kebanyakan usaha bimbingan belajar tersebut menggunakan metode pengajaran yang interaktif. Dimana siswa dapat lebih banyak menyerap hal/ilmu yang diajarkan. Selain itu faktor lain yang membuat usaha tersebut berkembang adalah bahan yang diajarkan berkualitas.
Beberapa inovasi lain yang dikembangkan oleh beberapa usaha bimbingan belajar mengajar adalah dengan memberikan uji coba belajar secara gratis kepada murid baru.

Jika anda masih belum punya modal besar untuk membeli franchise/ waralaba, anda dapat memulai usaha bimbingan belajar dari skala kecil. Anda dapat memulai usaha dengan mengajar teman anda, tetangga anda, ataupun saudara anda.

0 komentar: